Selasa, 05 November 2013

Disharmonisasi Keluarga (Dennis Christ - 705130108)

Definisi Keluarga
     Menurut Bahasa Sansakerta, keluarga berasal dari kata "kaluwarga" yang berarti anggota. Keluarga adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga merupakan unit sosial pertama yang terdiri dari sejumlah individu. Keluarga juga merupakan unit sosial terkecil yang ada di dalam masyarakat. Setiap individu memiliki hubungan satu sama lain, terdapat ikatan, kewajiban, dan tanggung jawab. (Wikipedia, 2013, para. 1)
     Menurut Salvicon dan Celis (1998) :
          Di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan memciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan, (Wikipedia, 2013, para. 2)
Definisi Disharmoni
     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (dikutip dalam Keluarga Disharmoni, 2012a) "Disharmoni adalah kejanggalan; ketidakselarasan" (para. 3). Ketidakselarasan yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai aspek dalam kehidupan. Ketidakselarasan yang terjadi di dalam keluarga bisa disebut sebagai keluarga disharmoni. Keluarga disharmoni dapat diartikan sebagai ketidakselarasan yang terjadi di dalam kelurga. Hal ini dapat terjadi karena ada anggota keluarga yang tidak mampu menjalankan perannya ("Keluarga Disharmoni, 2012a, para. 4)
Penyebab Kelurga Disharmoni
     Keluarga disharmoni dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, adanya rasa tidak puas dan tidak percaya di dalam keluarga. Kedua, ada anggota keluarga yang telah meninggal dunia atau pindah ke suatu tempat. Dan ketiga, anggota kelurga lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah ("Keluarga Disharmoni," 2012b).
Dampak Keluarga Disharmoni
     Bagi pasangan suami istri, disharmoni dapat menyebabkan perceraian jika sudah tidak dapat ditemukan solusi bagi permasalahan yang terjadi. Disharmoni juga dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak. Sang anak mungkin akan menjadi susah diatur dan melakukan pergaulan yang salah ("Keluarga Disharmoni," 2012b).
Cara Mencegah Keluarga Disharmoni
     Kita bisa mencegah terjadinya disharmoni dalam keluarga dengan cara saling terbuka dan saling menghargai antar anggota keluarga. Jika dalam hubungan terdapat perilaku saling terbuka, maka hubungan itu akan harmonis karena saling mengetahui apa yang dialami. Saling menghargai juga diperlukan agar kita tidak bersikap egois pada orang lain ("Keluarga Disharmoni," 2012b).
DAFTAR PUSTAKA
Definisi keluarga. (2013). Diunduh dari id.wikipedia.org/wiki/Keluarga
Keluarga disharmoni. (2012a). Diunduh dari http://www.pawonderful.blogspot.com
Keluarga disharmoni. (2012b). Diunduh dari http://www.lypyy.blogspot.com
      
1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar